ASPIRASI / INSPIRASI

Ilmu Massa, Turath, Sejarah. Analisa Kajian Budaya Pemikir. Peradaban Insani Kalbu Akal Mencerah. Hakikat Amal Zikir Dan Fikir. Ilmu, Amal, Hikmah Menjana Pencerahan. Ulul-Albab Rausyanfikir Irfan Bistari. Tautan Mahabbah Mursyid Bimbingan. Alam Melayu Alam Islami Tamadun Melayu Peradaban Islami. Rihlah Ilmiah Menjana Pencerahan Pemikiran, Kefahaman & Ketamadunan (Ilmu,Amal,Hikmah & Mahabbah) - Inspirasi: Rizhan el-Rodi

Pertemuan Ulama Sufi Tingkat Dunia

Pertemuan Ulama Sufi Tingkat Dunia

Pertemuan Ulama Sufi Tingkat Dunia (al-multaqo as-sufiyyah al-alamiyyah) diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta, Jum'at-Sabtu (15-16 Juli 2009) oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam rangkaian acara peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-85 Nahdlatul Ulama (NU). Pertemuan ini dihadiri para pimpinan organisasi dan mursyid tarekat se-Indonesia dan para ulama tarekat dari berbagai negara.

HARLAH KE-85 NUNU Berharap Tarekat Jadi Kekuatan Besar Dunia

Jakarta, NU Online
Nahdlatul Ulama (NU) berharap para ulama sufi dan umat Islam yang tergabung dalam berbagai jamaah tarekat di seluruh dunia bisa menjadi kekuatan besar dalam mewujudkan perdamaian dunia. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua uMUM Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Asad Said Ali dalam acara pembukaan Pertemuan Kaum Sufi Sedunia atau Multaqa as-Sufiyyah al-Alamiyyah di Jakarta, Sabtu (16/7).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-85 NU. Menurut As’ad yang juga Ketua Panitia Harlah ke-85, Pertemuan Kaum Sufi ini merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya yang diselenggarakan di Libya. Dalam pertemuan itu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj ditunjuk sebagai Wakil Sekjen Forum Kaum Sufi Sedunia untuk Wilayah Asia Tenggara.

“Diharapkan pertemuan para ulama sufi yang kita selenggarakan ini menjadi kegiatan rutin yang bisa menjadi kekuatan besar dalam mewujudkan perdamaian perdamaian dunia, dan dalam membangun dunia yang lebih beradab,” katanya.

Acara pembukaan Pertemuan Kaum Sufi Sedunia ini diikuti oleh sekitar 700 undangan orang termasuk perwakilan dari luar negeri seperti Amerika Serikat, Jepang, Maroko, Syiria, Lebanon, Libya, Malaysia, dan Brunei.

Menurut As’ad, rangkaian acara harlah sebelumnya didahului dengan launching Harlah di kantor PBNU Jakarta, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan seminar kebangsaan dan pemberdayaan warga di empat kota, yakni Semarang, Bandung, Surabaya dan Jakarta.

Rangkaian acara harlah dilanjutkan dengan pameran ekonomi kreatif di Jakarta sebagai bagian dari upaya membangkitkan kekuatan ekonomi umat. Acara pertemuan kaum sufi ini merupakan bagian dari rangkaian acara Harlah.

Puncak acara Harlah ke-85 NU adalah Rapat Akbar di Gelora Senayan, Jakarta, Ahad (17/7). “Hingga saat ini sudah 40 ribu warga NU yang tercatat akan hadir di Gelora,” katanya.

Hari berikutnya rangkaian acara Harlah akan ditutup dengan kegiatan silaturrahim antar ulama Afganistan dan Indonesia. Kegiatan terakhir ini dilakukan dalam rangka membantu perdamaian di negara muslim Afganistan. “Hingga saat ini saudara kita yang di Afganistan masih mengalami tragedi kemanusiaan,” pungkasnya.

Penulis : A. Khoirul Anam

http://www.nu.or.id/page/id/dinamic_detil/1/33010/Warta/NU_Berharap_Tarekat_Jadi_Kekuatan_Besar_Dunia.html